%0 Generic %9 Masters %A RINI SUSIANTI, 1323041029 %D 2015 %F eprints:11973 %T NILAI-NILAI KEHIDUPAN SOSIAL DALAM SYAIR LAGU H. RHOMA IRAMA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP %U http://digilib.unila.ac.id/11973/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai kehidupan sosial yang terdapat dalam syair lagu H.Rhoma Irama dan implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai kehidupan sosial yang terdapat dalam syair lagu gubahan H. Rhoma Irama dan implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dideskripsikan berdasarkan kenyataan sebenarnya berdasarkan sudut pandang sosiologi karya sastra kemudian dideskripsikan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan syair lagu H. Rhoma Irama sarat dngan nilai-nilai kehidupan sosial. Nilai-nilai sosial tersebut ialah nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian terdiri dari, nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral dan nilai religius. Implikasi penelitian ini dapat dikaitkan dengan pengajaran kesastraan di sekolah, khususnya di SMP , yaitu pada materi analisis nilai-nilai kehidupan . Syair-syair lagu H. Rhoma Irama sangat relevan dijadikan bahan ajar sastra di SMP Negeri Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Hal ini didasarkan pada lima aspek kriteria pemilihan bahan ajar, yaitu aspek latar belakang budaya siswa, aspek psikologis, aspek nilai karya dan aspek keragaman karya. Hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif bahan ajar sastra dalam kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SMP. Kata kunci: Nilai kehidupan sosial, implikasi bahan ajar, dan syair lagu. Abstrak Bahasa Inggris