%0 Generic %A ZULAILI, 1313093160 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:11979 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/11979/ %X ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Masih banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Pada siklus I pertemuan I persentase siswa yang kurang aktif 60,98% siswa yang aktif 26,83% sangat aktif 12,19% mengalami perubahan lebih baik pada pertemuan II persentase siswa yang kurang aktif 39,02% siswa yang aktif 41,46% sangat aktif 19,51%. Pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang kurang aktif 14,63% siswa yang aktif 48,78% sangat aktif 36,59% mengalami peningkatan pada pertemuan II persentase siswa yang kurang aktif 0% siswa yang aktif 53,66% sangat aktif 46,34%. Sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM pada siklus I pertemuan I persentase 56,1% pertemuan II presentase 39,02% menurun pada siklus II pertemuan I menjadi 14,63% dan terus menurun pada pertemuan II dengan persentase 0%. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.