?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Pengaruh+Model+Problem+Based+Learning+terhadap+Kemampuan+Berpikir+Kreatif+pada+Materi+Pengelolaan+Lingkungan+(Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+T.P+2014%2F2015)&rft.creator=Aima+Mufidah%2C+1113024002&rft.subject=+&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Kemampuan+berpikir+kreatif+merupakan+kemampuan+yang+sangat+penting+dimiliki+oleh+seorang+individu+dalam+menghadapi+tantangan+global.+Hasil+wawancara+yang+dilakukan+pada+guru+kelas+VII+SMP+N+20+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+kemampuan+berpikir+kreatif+belum+dikembangkan+secara+optimal%2C+karena+guru+belum+menggunakan+model+pembelajaran+yang+bisa+memfasilitasi+pengembangan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+PBL+terhadap+peningkatan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+kelompok+tak+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIIE+dan+VIIF+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes+dan+postes+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+t+dan+Mann+Whitney+U+pada+taraf+kepercayaan+5%25+dengan+bantuan+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+berupa+deskripsi+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa%2C+data%0D%0Aiii%0D%0Aaktivitas+belajar+siswa+yang+diperoleh+dari+hasil+observsi+selama+pembelajaran+berlangsung%2C+serta+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+PBL+yang+diperoleh+melalui+angket%2C+kemudian+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+peningkatan+KBK+siswa+pada+kedua+kelompok+berbeda+signifikan.+Dengan+kelompok+eksperimen+(64%2C15)+lebih+tinggi+dibanding+kelompok+kontrol+(36%2C39).+Selain+itu%2C+rata-rata+peningkatan+KBK+semua+indikator+yang+diamati+juga+berbeda+signifikan%2C+dengan+kelas+eksperimen+(Aspek+berpikir+lancar+%3D+82%2C50%3B+Aspek+berpikir+luwes+%3D+55%2C23)+lebih+tinggi+dibanding+kelas+kontrol+(Aspek+berpikir+lancar+%3D+46%2C15%3B+Aspek+berpikir+luwes+%3D+33%2C62).+Meningkatnya+KBK+siswa+terjadi+karena+model+PBL+mampu+mengakomodasi+siswa+dalam+mengembangkan+KBK.+Dengan+menggunakan+model+PBL+siswa+dilatih+untuk+menyampaikan+pendapat%2C+membuat+banyak+solusi+serta+menyelesaikan+masalah+dari+sudut+pandang+berbeda.+Sehingga+aktivitas+mengajukan+pertanyaan%2C+menyampaikan+pendapat%2C+memberi+solusi+serta+bertukar+informasi+siswa+didalam+kelas+meningkat.+Rata-rata+aktivitas+belajar+siswa+pada+kelas+eksperimen+(82%2C76)+lebih+tinggi+dibanding+kelas+kontrol+(59%2C17).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+PBL.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+PBL+berpengaruh+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+pada+materi+pengelolaan+lingkungan.%0D%0AKata+kunci+%3A+model+PBL%2C+berpikir+kreatif%2C+dan+aktivitas+belajar&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-08-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F1%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F3%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F4%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F5%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F9%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F11%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F12%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F14%2FDAFTAR%2520CONTOH.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F15%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F16%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F17%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F18%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F19%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F20%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Aima+Mufidah%2C+1113024002++(2015)+Pengaruh+Model+Problem+Based+Learning+terhadap+Kemampuan+Berpikir+Kreatif+pada+Materi+Pengelolaan+Lingkungan+(Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+T.P+2014%2F2015).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11988%2F