?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+PADA+MATERI%0D%0APOKOK+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap%0D%0ASMP+Negeri+2+Jati+Agung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015)&rft.creator=Rika+Sundari%2C+1113024056&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Kemampuan+berpikir+kreatif+merupakan+soft+skill+yang+harus+dimiliki+individu+di+era+globalisasi.+Namun+faktanya%2C+hasil+observasi+saat+pembelajaran+IPA+di+kelas+VII+SMP+N+2+Jati+Agung+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+masih+tergolong+rendah.+Salah+satu+alternatif+yang+dapat+digunakan+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+oleh+siswa+yaitu+dengan+model+PBL.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+PBL+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+oleh+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+kelas+non+equivalent.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII+C+dan+VII+D+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes+dan+postes+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+pada+taraf+kepercayaan+5%25+dan+10+%25+melalui+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+berupa+data+aktivitas+belajar+yang+diperoleh+melalui+lembar+observasi+dan+data+tanggapan+siswa%0D%0A%0D%0A%0D%0Aterhadap+penggunaan+model+PBL+yang+diperoleh+melalui+angket+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+PBL+dapat+meningkatkan+KBK+secara+signifikan+dengan+rata-rata+peningkatan+KBK+oleh+siswa+kelas+eksperimen+(53%2C33)+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(48%2C30).+Selain+itu%2C+rata-rata+peningkatan+KBK+pada+indikator+kemampuan+berpikir+lancar+siswa+kelas+eksperimen+(49%2C34)+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(40%2C00).+Indikator+kemampuan+berpikir+luwes+siswa+kelas+eksperimen+(70%2C03)+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(59%2C43).+Rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati+yaitu+mengajukan+pertanyaan%2C+menjawab+pertanyaan%2C+melakukan+presentasi+dan+bertukar+informasi+pada+kelas+eksperimen+(81%2C32%25)+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(64%2C22%25).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+PBL.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+PBL+berpengaruh+dalam+meningkatkan+KBK+oleh+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+model+PBL%2C+berpikir+kreatif%2C+dan+aktivitas+belajar&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-08-14&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F7%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F6%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F4%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F3%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F5%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F9%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F9%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F10%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F11%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F12%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F13%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F14%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F15%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F16%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F17%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Rika+Sundari%2C+1113024056++(2015)+PENGARUH+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+PADA+MATERI+POKOK+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Negeri+2+Jati+Agung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F11989%2F