%A 1113024056 Rika Sundari %T PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Jati Agung Tahun Pelajaran 2014/2015) %X Kemampuan berpikir kreatif merupakan soft skill yang harus dimiliki individu di era globalisasi. Namun faktanya, hasil observasi saat pembelajaran IPA di kelas VII SMP N 2 Jati Agung menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif oleh siswa yaitu dengan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelas non equivalent. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dan VII D yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dan 10 % melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar yang diperoleh melalui lembar observasi dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh melalui angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan PBL dapat meningkatkan KBK secara signifikan dengan rata-rata peningkatan KBK oleh siswa kelas eksperimen (53,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (48,30). Selain itu, rata-rata peningkatan KBK pada indikator kemampuan berpikir lancar siswa kelas eksperimen (49,34) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (40,00). Indikator kemampuan berpikir luwes siswa kelas eksperimen (70,03) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (59,43). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, melakukan presentasi dan bertukar informasi pada kelas eksperimen (81,32%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (64,22%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan KBK oleh siswa. Kata kunci : model PBL, berpikir kreatif, dan aktivitas belajar %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints11989