title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015) creator: Ismah Fathimah, 1113024030 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting sebagai bagian dari kecakapan hidup (life skill). Namun, di kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan belum dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretest postest non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kreatif (KBK) yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan N-gain yang dianalisis statistik menggunakan uji-t dan U melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL melalui angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen = 52,60 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol = 38,45. Serta rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen = 64,05 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol = 50,68. Aktivitas yang diamati antara lain mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, persentasi, serta bertukar informasi. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Kata kunci : problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kreatif (KBK), aktivitas belajar, dan kepadatan populasi manusia publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-08-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/3/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/10/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/8/SNWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/9/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/12/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/16/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11992/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Ismah Fathimah, 1113024030 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/11992/