title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Negeri Katon Tahun Pelajaran 2014/2015) creator: Putri Ratna Sari, 1113024054 subject: subject: LC Special aspects of education subject: QH301 Biology description: Hasil observasi di kelas VII SMP N 1 Negeri Katon, diketahui bahwa kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen, dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIIB dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kemampuan komunikasi lisan diperoleh dengan observasi dan tanggapan siswa dijumlah yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aspek kemampuan komunikasi lisan siswa (pandangan mata, penyampaian informasi, bertanya atau menanggapi pertanyaan, pemahaman isi materi dan bahasa) pada kelas eksperimen (71,52 ) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (44,58). Hasil belajar siswa berupa nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksprimen (69) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (35). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Meningkatnya hasil belajar siswa didukung oleh tanggapan siswa yang positif terhadap penerapan model pembelajaran NHT. Tanggapan siswa yang positif seperti 100% siswa lebih aktif berkomunikasi di kelas dengan menggunakan model NHT, 96,97% siswa mampu menyampaikan pendapat, 90,91% siswa dapat menyampaikan materi dengan mudah melalui model pembelajaran NHT, 93,94% siswa lebih mudah bertukar pendapat dengan teman satu kelompok, serta 100% siswa menyatakan lebih mudah memahami materi dengan menggunakan model NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model NHT berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci: Komunikasi Lisan, Model Pembelajaran NHT, Peran Manusia, Pengelolaan Lingkungan publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-08-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/4/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/3/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/8/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/6/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/5/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/6/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/13/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/9/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11995/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Putri Ratna Sari, 1113024054 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Negeri Katon Tahun Pelajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/11995/