@misc{eprints11996, month = {Juli}, title = {UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 BANJAR NEGERI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {1313093144 Winasih Rusman}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11996/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan aktivitas diskusi kelompok dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 1 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas diskusi kelompok dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 1 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas diskusi kelompok dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS serta ada hubungan antara aktivitas diskusi kelompok dengan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 1 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci : aktivitas diskusi kelompok, hasil belajar, dan model pembelajaran Jigsaw} }