TY - UNPB CY - Universitas Lampung ID - eprints12019 UR - http://digilib.unila.ac.id/12019/ A1 - Yulida Heliyati, 1113069116 Y1 - 2015/06/04/ N2 - Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV B SD Negeri I Karang Maritim Bandar Lampung. Rendahnya pembelajaran IPA karena siswa kurang antusias dan termotivasi mengikuti pelajaran. Penelitian pembelajaran IPA melalui model kooperatif STAD. Tujuan pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan penelitian di SD Negeri I Karang Maritim Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Sedangkan waktu penelitian diadakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B tahun pelajaran 2013/2014 yang berada di SD Negeri I Karang Maritim, jumlah subjek penelitian 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Prosedur penelitian dari dua siklus empat tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas pembelajaran klasikal mencapai 66% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Hasil belajar setiap siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari siklus I dengan rata-rata 11,43 meningkat menjadi 14,28 pada siklus II. Pembelajaran IPA melalui model kooperatif STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, IPA SD, STAD PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IVB SDN I KARANG MARITIM BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -