TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1202 UR - http://digilib.unila.ac.id/1202/ A1 - Ahmad, Syahrofi Adi Putra Y1 - 2013/09/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode bagian dan metode keseluruhan terhadap keterampilan renang gaya dada siswa kelas VII 7 SMP Negeri 1 Rumbia tahun pelajaran 2012/2013. (2) Metode pembelajaran yang lebih baik antara metode bagian dan metode keseluruhan terhadap keterampilan renang gaya dada siswa kelas VII 7 SMP Negeri 1 Rumbia tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiment dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment, post test. Objek penelitian sebanyak 30 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok. Objek penelitian pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Rumbia dengan jumlah siswa adalah 30 siswa menggunakan teknik random sampling . Teknik pengambilan data untuk tes keterampilan gerak dasar ini menggunakan Tes Ketepatan renang. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T dengan taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh antara metode bagian dan metode keseluruhan terhadap keterampilan renang gaya pada siswa kelas VII 7 SMP Negeri 1 Rumbia tahun pelajaran 2012/2013. (thitung 7,06 > ttabel 1,701). (2) Metode bagian lebih baik pengaruhnya dari pada metode keseluruhan terhadap keterampilan renang gaya dada pada siswa kelas VII 7 SMP Negeri 1 rumbia tahun pelajaran 2012/2013. Kelompok metode bagian memiliki peningkatan sebesar 30,6% sedangkan kelompok metode keseluruhan memiliki peningkatan sebesar 12,8%. Kata kunci : gerak dasar, metode pembelajaran dan renang gaya dada PB - Fakultas KIP TI - PENGARUH METODE BAGIAN DAN METODE KESELURUHAN TERHADAP KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA PADA SISWA KELAS VII 7 SMP N 1 RUMBIA TAHUN AJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -