@misc{eprints12082, month = {Agustus}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {0913031070 Ully Yulianita}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12082/}, abstract = {The purpose of this research was to find out the differences of IPS students result between students who gave STAD learning model and students who gave Jigsaw learning model. The method of this research was comparative research with experiment approach. The data collecting technique used observation, documentation and test. Based on the result of discussion it can be concluded that the average of IPS students result used STAD learning model is higher than students used Jigsaw learning model. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diberi model pembelajaran STAD dan siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran tipe jigsaw, model pembelajaran tipe stad.} }