%A 1113024063 SEPTIA DIES NURCAHYANI %T PROFIL KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (Studi Deskriptif Pada Guru IPA Kelas VII SMP Negeri di Bandar Lampung) %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru IPA kelas VII SMP Negeri di Bandar Lampung dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan standar proses dan pendekatan saintifik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri di Bandar Lampung yang dipilih secara jenuh dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 6 guru IPA. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor kemampuan guru dalam membuat RPP menggunakan rubik penilaian RPP dan data kualitatif berupa gambaran kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar biodata guru, lembar wawancara guru dan lembar penilaian RPP guru, kemudian data dianalisis secara deskriptif. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan enam guru IPA kelas VII SMP Negeri di Bandar Lampung dalam membuat RPP berdasarkan standar proses memperoleh persentase rata-rata 84,28% berkriteria tinggi meliputi kemampuan guru dalam menuliskan identitas mata pelajaran, merumuskan indikator, merumuskan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan media belajar, menentukan model pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Dengan demikian kemampuan 6 guru dalam membuat RPP berdasarkan kurikulum 2013 sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan panduan pengembangan RPP yang ditetapkan oleh Depdiknas. Kata kunci : IPA, Kemampuan Guru, Kurikulum 2013, RPP %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12109