?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN(Studi+Eksperimental+Semu+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Nusantara+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015)&rft.creator=Tyas+Kharimah+Tindani%2C+1113024067&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Hasil+observasi+dan+wawancara+dengan+guru+IPA+di+kelas+VII+SMP+Nusantara+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+masih+rendah+karena+pembelajaran+IPA+yang+dilaksanakan+belum+mampu+mengembangkan+kemampuan+berpikir+kritis+serta+aktivitas+belajar+siswa.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+PBL+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+dan+aktivitas+belajar+siswa+pada+materi+pokok+peran+manusia+dalam+pengelolaan+lingkungan.%0D%0ADesain+penelitian+ini+adalah+pretest-postest+non+ekuivalen.+Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+VIIB+dan+VIID+yang+dipilih+secara+purposive+sampling.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+pretest%2C+posttest%2C+dan+N-gain.+Analisis+data+kuantitatif+menggunakan+uji-t+dan+U+dengan+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+diperoleh+dengan+deskripsi+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+selama+pembelajaran+melalui+lembar+observasi+aktivitas+belajar+dan+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+PBL+yang+diperoleh+dari+angket+tangapan+siswa.%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+PBL+pada+materi+peran+manusia+dalam++pengelolaan+lingkungan+berpengaruh+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+(N-gain+46%2C18)+lebih+tinggi+dan+berbeda+nyata+daripada+kelas+yang+pembelajarannya+menggunakan+metode+diskusi(N-gain+36%2C95).+Rata-rata+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol.+Aktivitas+belajar+pada+aspek+merumuskan+masalah%2C+melakukan+induksi%2C+deduksi%2C+dan+memberi+argumen+berkriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Sedangkan+aspek+melakukan+evaluasi+berkriteria+%E2%80%9Crendah%E2%80%9D.+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+(%C2%B190%25)+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan++model+PBL+pada+materi+peran+manusia+dalam+pengelolaan+lingkungan.+Dengan+demikian++penggunaan+model+PBL+berpengaruh++positif+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+dan+aktivitas+belajar+siswa+pada+materi+peran+manusia+dalam+pengelolaan+lingkungan.%0D%0AKata+kunci++%3A+PBL%2C+kemampuan+berpikir+kritis%2C+aktivitas+siswa%2C+pengelolaan+lingkungan&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-08-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F1%2F2.%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F2%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F3%2F4.%2520halaman%2520persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F4%2F5.%2520Halaman%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F5%2F6.%2520RIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F6%2F7.%2520PERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F7%2F8.%2520MOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F8%2F9.%2520pernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F9%2F10.%2520SANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F10%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F11%2F12.%2520DAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F12%2F13.%2520DAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F13%2FBAB%25201%2520%25281-10%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F14%2Fbab%25202%2520%252810-25%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F15%2FBAB%25203%2520%252826-40%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F16%2Fbab%25204%2520%252841-53%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F17%2Fbab%25205%2520%252854-55%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA%252056-59.pdf&rft.identifier=++Tyas+Kharimah+Tindani%2C+1113024067++(2015)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PERAN+MANUSIA+DALAM+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN(Studi+Eksperimental+Semu+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Nusantara+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F12112%2F