TY - UNPB ID - eprints12236 UR - http://digilib.unila.ac.id/12236/ A1 - 0913069150, YUSNIAR Y1 - 2011/09/16/ N2 - Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada kelas II SD Negeri 01 Way Lunik Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung didapat bahwa secara umum siswa masih mengalami kedulitan dalam memahami konsep matematika disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru didominasi dengan metode ceramah. Selain itu, dalam penyampaian pembelajaran matematika juga masih terpisah-pisah dengan mata pelajaran yang lain. Sehingga pemahaman siswa tentang pembelajaran matematika menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika mengunakan model pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek Tindakan Penelitian ini adalah siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2010-2011 sebanyak 25 siswa di SD Negeri 01 Way Lunik Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Indikator keberhasilan apabila siswa telah mencapai nilai rata-rata kelas minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Ratarata hasil belajar siklus I yaitu 58,60, rata-rata siklus II yaitu 66,00, dan rata-rata siklus III yaitu 75,20. Aktivitas siswa pun mengalami peningkatan dari siklus I, siklus ke II, dan siklus ke III. Dengan demikian maka pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa di kelas II SD Negeri 01 Way Lunik Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung, khususnya pada mata pelajaran matematika. Oleh sebab itu pembelajaran di kelas rendah, hendaknya guru menggunakan model tematik lebih interaktif dalam mempermudah siswa memahami berbagi konsep, termasuk konsep bilangan. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS II SEMESTER GENAP 2010 / 2011 SD NEGRI 01 WAY LUNIK KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -