%A 1013024006 Erni Oftika %T PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014) %X Hasil observasi di SMA Persada Bandar Lampung menunjukkan bahwa pemanfaatan intensitas internet dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas mengakses internet terhadap hasil belajar pada konsep ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode quasi deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Persada dengan jumlah X1 sebanyak 25 siswa, X2 sebanyak 24 siswa, dan X3 sebanyak 23 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa diperoleh dari nilai penguasaan materi pokok ekosistem dan data kualitatif berupa rata-rata skor angket intensitas mengakses internet. Kedua data diuji dengan uji normalitas data dan uji regresi linier sederhana dengan program SPSS versi 17 yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas mengakses internet terhadap hasil belajar siswa artinya semakin tinggi intensitas penggunaan internet maka hasil belajar yang dicapai oleh siswa semakin tinggi sebesar 1,4% siswa menunjukkan ?intensitas sangat tinggi hasil sangat tinggi?. Sebesar 2,77% siswa menunjukkan ?intensitas sangat tinggi dengan hasil belajar tinggi?. Sebesar 2,77% siswa menunjukkan ?intensitas sangat tinggi dengan hasil sedang? . Sebesar 4,16% siswa menunjukkan?intensitas tinggi dengan hasil sangat tinggi?. Sebesar 13,88% siswa menunjukkan ?intensitas tinggi dan hasil belajar tinggi?. Sebesar 47,2% siswa menunjukkan ?intensitas tinggi hasil belajar sedang?. Sebesar 13,88% menunjukkan?intensitas tinggi dan hasil belajar rendah?. Sebesar 5,55% siswa menunjukkan ?intensitas sedang hasil belajar sedang?. Sebesar 7% siswa menunjukkan ?intensitas sedang hasil belajar rendah?. Sebesar 1,4% siswa menunjukkan ?intensitas rendah dengan hasil belajar sedang?. Hal ini dapat dibuktikan dengan R Square sebesar 0,29, sehingga dapat diartikan bahwa keberhasilan siswa dalam pencapaian hasil belajar biologi ditentukan oleh intensitas internet sebesar 0,29 atau 29%, sedangkan sisanya 71% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa intensitas mengakses internet berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ekosistem. Kata kunci: Intensitas mengakses internet, Hasil Belajar, Ekosistem %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints12257