%0 Generic %9 Other %A Hesti Lestari, 1013021007 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:12285 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/12285/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 322 siswa yang terdistribusi dalam empat belas kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII L dan VII I yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa rata-rata nilai posttest siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing lebih tinggi daripada rata-rata nilai posttest siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Posing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pendekatan, problem posing