%0 Generic %9 Other %A Selvy Dwi Utami, 1113021063 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:12286 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Hikmah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/12286/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Al-Hikmah Bandar Lampung yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pre-test – post-test control design. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diambil dengan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan PBL pada siswa kelas VIII MTs. Al-Hikmah Bandar Lampung tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa tetapi lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Representasi Matematis, PBL