TY - UNPB ID - eprints12290 UR - http://digilib.unila.ac.id/12290/ A1 - 0713053032, Heru Yuono Y1 - 2012/10/12/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IVA SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode inkuiri di kelas IVA SDN 8 Metro Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrument aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa dari hasil tes. Sedangkan data kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas IV A SDN 8 Metro Timur berdampak pada peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 (57,71%) siklus 2 (67,42%) dan siklus 3 (73,93%). Begitu juga dengan rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari (54,28%), pada siklus 1 menjadi (71,42%), pada siklus 2 dan (87,87%) pada siklus 3. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -