%0 Thesis %9 Other %A 0713053056, TEGUH PRASETYO %B FKIP %D 2012 %F eprints:12295 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/12295/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. PTK terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berdaur ulang yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 65,90%, pada siklus II diperoleh 78,40% meningkat 12,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,33, pada siklus II 73,54 mengalami peningkatan 5,21. Berdasarkan hasil temuan penelitian, kegiatan membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain.