%0 Generic %A 0714021011, Ferni Nilawati %D 2012 %F eprints:12329 %T ANALISTS EFISIENSI DAN STRATEGT PEMASARAN BENIH PADI INBRIDA OLEH PRODUSEN P4S SAMA MAJU, SRI YASA, DAN PANTI BOGA DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH %U http://digilib.unila.ac.id/12329/ %X Abstrak Penelitian bertujuan untuk : (1) Menganalisis efisiensi sistem pemasaran benih padi inbrida oleh P4S Sama Maju, Sri Yasa, dan Panti Boga di Kabupaten Lampung Tengah, dan (2) Menganalisis strategi pemasaran dalam mendistribusikan benih padi inbrida yang dilakukan oleh P4S Sama Maju, Sri Yasa, dan Panti Boga di Kabupaten Lampung Tengah. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan mengikuti alur pemasaran. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari wawancara dan kuisioner, dan sekunder dari studi pustaka. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2011. Metode analisis data meliputi analisis efisiensi sistem pemasaran dan analisis strategi pemasaran, yaitu 4P [price, product, place, promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sistem pemasaran benih padi inbrida oleh beberapa produsen di Kabupaten Lampung Tengah sudah efisien dengan producen share > 80%, walaupun keadaan pasar sebagai berikut: (a) Struktur pasar yang terbentuk adalah pasar oligopoli. (b) Perilaku pasar menunjukkan bahwa sistem pembayaran lebih dominan dilakukan secara tunai dan penentuan harga oleh produsen. (c) Keragaan pasar : terdapat empat saluran pemasaran benih padi inbrida, dengan RPM yang tidak merata antar lembaga pemasaran dan elastisitas transmisi harga yang lebih besar dari satu. (2) Strategi pemasaran benih padi inbrida oleh beberapa produsen di Kabupaten Lampung Tengah, terdiri dari: (a) Product masing-masing produsen melakukan diversifikasi produk. (b) Price: produsen menggunakan metode costplus pricing method dan metode berdasarkan harga pasar dalam menentukan harga. (c) Place: produsen mendistribusikan produk mereka dengan melibatkan perantara pemasaran, seperti pedagang kios dan Gapoktan/Poktan. (d) Promotion: promosi yang dilakukan oleh produsen adalah personal selling. Kata kunci : efisiensi pemasaran, strategi pemasaran, benih padi Abstract The objectives of this research are: to analyze (1) marketing system efficiency of inhybrid paddy seed system efficiency by P4S Sama Maju, Sri Yasa, and Panti Boga, and (2) marketing strategy in inhybrid paddy seed distribution by P4S Sama Maju, Sri Yasa, and Panti Boga in Lampung Tengah Regency. The research location was selected purposively and sample were taken by tracing the marketing networks. This research used primary data taken from interview and questionnaires, and secondary data from literary research. Data were collected from May to July 2011. Data analysis included analysis of marketing system efficiency and analysis of marketing strategy called 4P (price, product, place, and promotion). The results showed that: (1) The inhybrid paddy seed marketing by some producers in Lampung Tengah Regency has been efficient with producer share of > 80%, even though the following conditions happenend: (a) Market structure is oligopoly, (b) Market behavior showed that payment system was dominantly in cash and price was determined by producers, (c) The market profile showed that there are four inhybrid paddy seed marketing channels with uneven profit margin ratio amongst the marketing institutions and price transmission elasticity, was bigger than one. (2) The marketing strategies of some inhybrid pady seed producers were: (a) Product: each producer conducts product diversification, (b) Price: producers used cost plus pricing method and market-based price method in determining price, (c) Place-, producers distributed their products by involving marketing agencies such as retailer and fanner groups/fanner groups association. (d) Promotion-, producers used personal selling. Keywords: efficiency of marketing, marketing strategy, paddy seeds 1