TY - UNPB ID - eprints12351 UR - http://digilib.unila.ac.id/12351/ A1 - 0813056608, SABAR RIYANTO Y1 - 2011/10/05/ N2 - Penelitian Tindakan Kelas ini berawal dari latar belakang adanya kesenjangan antara model pembelajaran yang digunakan guru dengan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn di Kelas V SDN 2 Kesumajaya Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah dengan menggunakan Model Bermain Peran. Metode Penelitian, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan adalah dua siklus tindakan. Data diperoleh melalui observasi dan tes yang dilaksanakan di akhir siklus. Data diolah dengan menggunakan rumus : Nilai rata-rata = jumlah nilai dibagi dengan jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Bermain Peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran PKn. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 66,6% dan pada siklus kedua 88%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 6,75 dan hasil pada siklus kedua 7,28. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN SD NEGERI 2 KESUMAJ AYA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -