@unpublished{eprints12353, month = {Oktober}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 3 FAJAR MATARAM KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH }, school = {Universitas Lampung}, author = {SULISTYOWATI 0813056613}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12353/}, abstract = {Penelitian ini bermula dari latar belakang adanya kesenjangan antara penggunaan pendekatan pembelajaran dengan anggapan bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang mudah, sehingga berdampak pada turunnya aktivitas dan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 3 Fajar Mataram dengan pokok bahasan menyusun laporan melalui tahapan yang benar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research), prosedur penelitian berbentuk siklus (cycle), setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan reflektif (reflect). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan keteampilan menulis laporan pengamtan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Fajar Mataram, khususnya pada pokok bahasan menyusun laporan melalui tahapan yang benar. Hal ini dapat dilihat melalui perolehan persentase aktivitas siswa pada siklus pertama 69,99\%, pada siklus kedua meningkat menjadi 88,32\%, dan hasil keterampilan menulis laporan pengamatan siklus pertama 62,5\% tuntas, pada siklus kedua meningkat menjadi 83,33 tuntas. } }