title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG creator: Winda Riana, 1113024071 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: ABSTRAK Pendidikan di era globalisasi saat ini menuntut siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Penggunaan model pembelajaran yang dapat memunculkan kemampuan berpikir kritis siswa belum dikembangkan dengan optimal. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Desain penelitian ini adalah randomized control group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIA yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif Winda Riana diperoleh dari rata-rata nilai pretes, posttes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U melalui program SPSS 17, sedangkan data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata N-gain dari pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 57,08; kontrol = 25,33). Rata-rata peningkatan pada aspek memberikan penjelasan dasar sebesar 52,63; membangun keterampilan dasar sebesar 61,49; membuat penjelasan lanjut sebesar 60,87 dan menyimpulkan sebesar 70,39. Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lanjut dan menyimpulkan berkriteria “tinggi”. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model discovery learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, kemampuan berpikir kritis siswa, model discovery learning publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-08-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/101/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/102/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/103/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/8/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/9/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/10/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/12/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/13/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/14/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/15/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/16/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/12354/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Winda Riana, 1113024071 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/12354/