%0 Thesis %9 Other %A 0913099002, Astuti %B FKIP %D 2012 %F eprints:12364 %I Universitas Lampung %T PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/12364/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas VA SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 11 Metro Pusat mata pelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus mempunyai 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa menggunakan lembar soal – soal tes. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Aktivitas rata-rata siswa pada siklus I (53,12%), siklus II (59,34%), dan siklus III (75%), sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I (51,66), siklus II (72,66), siklus III (76,50). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, siklus II, dan siklus III dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe group STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VA SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun Ajaran 2011/2012.