%0 Generic %A Syamsul, HAMIMATUSSA’ADAH %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:124 %I Fakultas KIP %T PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/124/ %X Hasil observasi di SMP N 2 Tanjung Bintang Lampung Selatan menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa (KPS) yang dikembangkan masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KPS siswa. Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode observasi terhadap keterampilan proses sains siswa dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain, kemudian dianalisis dengan uji t. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan metode observasi yang dianalisis secara deskriptif. Hamimatussa’adah KPS siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-gain (0,62). Peningkatan KPS siswa terjadi pada indikator (mengobservasi, mengklasifikasi, mengidentifikasi, merekam/mencatat data, dan menginferensi) dengan rata-rata N-gain mengobservasi berkriteria sedang (0,58), rata-rata N-gain mengklasifikasi berkriteria sedang (0,42), rata-rata N-gain mengidentifikasi berkriteria sedang (0,57), rata-rata N-gain merekam/mencatat data berkriteria rendah (0,10), rata-rata N-gain menginferensi berkriteria sedang (0,64). Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek melakukan pengamatan (86,96); mengumpulkan data (85,51); menganalisis dan mengevaluasi data (84,06); mendiskusikan hasil pengamatan (88,41); dan menarik kesimpulan (89,86). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode observasi. Dengan demikian, penerapan metode observasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan KPS oleh siswa dan berpengaruh terhadap peningkatan akivitas belajar siswa. Kata kunci : Metode Pembelajaran Observasi, KPS, Aktivitas Belajar.