%0 Generic %A 0714021054, Ledy Tri Dhamayanti %D 2012 %F eprints:12413 %T ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN SEGMENTASI PASAR TERHADAP VOLUME PENJUALAN BENIH PADI HIBRIDA BERNAS PRIMA PRODUKSI PT SUMBER ALAM SUTERA %U http://digilib.unila.ac.id/12413/ %X Abstrak PT Sumber Alam Sutera merupakan satu-satunya perusahaan swasta yang memproduksi benih padi hibrida Bernas Prima di Propinsi Lampung. PT Sumber Alam Sutera adalah perusahaan swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk melaksanakan program BLBU (Bantuan Langsung Benih Unggul). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bauran pemasaran dan segmentasi pasar terhadap volume penjualan benih padi hibrida Bernas Prima produksi PT Sumber Alam Sutera. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif (deskriptif) dan analisis kuantitatif (statistik). Alat analisis yang digunakan dalam analisis kuantitatif adalah analisis regresi linier berganda dan analysis ofvariance (ANOVA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bauran pemasaran yang nyata mempengaruhi volume penjualan benih padi hibrida Bernas Prima produksi PT Sumber Alam Sutera adalah bauran harga benih padi hibrida PT Sumber Alam Sutera (XI), bauran promosi (X2), dan bauran distribusi/tempat (saluran pemasaran) (X3); dan (2) Hasil uji analysis ofvariance (Anova) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara volume penjualan pada segmen ritel (free market), BLBU SLPTT dan BLBU non SLPTT sehingga ketiga segmen (ritel, BLBU SLPTT, dan BLBU non SLPTT) berpengaruh terhadap volume penjualan. Kata kunci : Bauran pemasaran, segmentasi pasar, volume penjualan, benih padi hibrida, Bernas Prima, PT Sumber Alam Sutera Abstract PT Sumber Alam Sutera is the only one private companies which produce of Bernas Prima hybrid rice seed in Lampung Province. PT Sumber Alam Sutera is a private companies which cooperation with government to implement the program BLBU (Bantuan Langsung Benih Unggul). This research aims to view influence of marketing mix and market segmentation towards volume sales of Bernas Prima hybrid rice seed produce PT Sumber Alam Sutera. This research was conducted by survey method. Analysis of the data used is the analysis of qualitative (descriptive) and quantitative analysis (statistics). Analysis tools used in quantitative analysis is multiple linear regression analysis and analysis of variance (ANOVA). The results of this research indicate that: (1) Real marketing mix affects the sales volume of hybrid rice seed production Bernas Prima PT Sumber Alam Sutera is a mix of hybrid rice price of PT Sumber Alam Sutera (XI ), the promotion mix (X2), and the mix of distribution / place (channel marketing) (X3); and (2) The results of analysis ofvariance (ANOVA) showed that there are significant differences between the volume of sales in the retail segment (free market), BLBU SLPTT and BLBU non SLPTT segment so that all three segments (retail, BLBU SLPTT, and non SLPTT BLBU) effect on sales volume. Keywords: Marketing mix, market segmentation, sales volume, hybrid rice, Bernas Prima, PT Sumber Alam Sutera