TY - UNPB ID - eprints12418 UR - http://digilib.unila.ac.id/12418/ A1 - 1013079260, REBEKA BR. BANGUN Y1 - 2012/10/03/ N2 - Masalah penelitian berawal dari hasil refleksi penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA hasil rendah.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Pajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dengan menggunakan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 27 siswa.Terdiri dari 09 laki-laki dan 18 perempuan.Tehnik pengumpulan data kwuantitatif observasi menggunakan instrumen observasi sedangkan untuk kwuantitatif ( hasil belajar menggunakan instrumen tes ) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase dari siklus 1 ke siklus II aktivitas belajar pada siklus I adalah 57,7% meningkat menjadi 87% pada siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar 61,85% pada siklus I meningkat menjadi 70,37% pada siklus II.Artinya terjadi ( peningkatan ) kenaikan sebesar 13,77 %.Hal ini menunjukkkan keberhasilan pembelajaran IPA telah mencapai KKM > 65. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 FAJAR BARU KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -