@unpublished{eprints12427, month = {Oktober}, title = {Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDN 1 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Pesawaran}, school = {Universitas Lampung}, author = {Zurizal 1013109076}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12427/}, abstract = {Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dengan objek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 32 siswa. Selama ini dalam proses belajar mengajar pada kelas IV khususnya mata pelajaran IPA sering timbul permasalahan seperti : 1). Kurangnya penggunaan metode yang bervariasi sehingga membosankan 2). Perserta didik kurang fokus dalam pembelajaran 3). Rendahnya prestasi belajar peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan pembelajaran dikelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dalam peningkatan hasil belajar, penelitian ini dilaksanakan melalui siklus I dan II dengan bebrapa tahap yaitu pengumpulan data, analisis data. Pada siklus I pertemuan 1, aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 34,38 \% dan pada siklus I pertemuan 2, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 46,88\%, dan terlihat terjadi peningkatan sebesar 12,25\%. Dari kedua hasil tersebut dapat diambil rata-rata sebesar 60,63\% dan pada kriteria keberhasilan menunjukkan tingkat aktivitas siswa masih "sedang" dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Pada siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 78,3 \% dan pada siklus II pertemuan 2, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 87,5\%, dan terlihat terjadi peningkatan sebesar 9,2\%. Dari kedua hasil tersebut dapat diambil rata-rata sebesar 80,0\% dan pada kriteria keberhasilan menunjukkan tingkat aktivitas siswa "tinggi" dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. } }