%0 Generic %A 0814023026, Mike Septia Andika %D 2012 %F eprints:12443 %T KINERJA USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KECIL KOPI BUBUK DI KOTA BANDAR %U http://digilib.unila.ac.id/12443/ %X Abstrak Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja, mengetahui nilai tambah, dan menganalisis strategi pengembangan agroindustri skala kecil kopi bubuk di Kota Bandar Lampung. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Sampel dilakukan dengan motode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 9 responden. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari 2012 hingga April 2012. Analisis yang digunakan yaitu 1) Analisis kinerja dengan menggunakan laporan rugi/laba, produktivitas, kapasitas, dan kualitas, 2) Analisis nilai tambah dengan metode Hayami, dan 3) Strategi pengembangan agroindustri dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kinerja usaha agroindustri skala kecil kopi bubuk di Kota Bandar Lampung secara keseluruhan sudah baik, di mana nilai rata-rata R/C rasio, BEP, produktivitas, kapasitas, dan kualitas termasuk dalam kategori baik, (2) Nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan biji kopi menjadi kopi bubuk pada rata-rata agroindustri ini sebesar Rp. 9.967,89 per kilogram bahan baku biji kopi atau sebesar 33,42 persen, dan (3) Strategi pengembangan agroindustri yaitu menghasilkan produk yang berkualitas sehingga mampu besaing dengan agroindustri kopi bubuk yang lain, memanfaatkan tenaga kerja yang sudah berpengalaman dalam menghadapi pesaing bisnis agroindustri kopi bubuk, dan mengoptimalkan kinerja karyawan sehingga kopi bubuk yang dihasilkan dapat bersaing dengan minuman sejenis lainnya. Kata Kunci : kopi bubuk, kinerja, nilai tambah,strategi pengembangan. Abstract The aimed of this research was to analyze performance, value added, and developmental strategy of small scale of powder coffee agroindustry in Bandar Lampung. Location was chosen purposively. 9 respondents were taken by census method. Data was collected on February 2012 up to April 2012. Analysis used 1) Performance analysis by using lost/profit report, productivity, capacity, and quality, 2) value added analysis with Hayami method, and 3) Developmental strategy of agroindustry with SWOT. Research result showed : (1) business performance of small scale of powder coffee agroindustry in Bandar Lampung was good, with average value R/C ratio, BEP, productivity, capacity, and quality belong were good category, (2) value added from coffee seed processing was powder coffee in average agroindustry as many Rp. 9,967.89 per kilogram of coffee seed basic commodity or as many 33.42 percents, and (3) developmental strategy of small scale of powder coffee agroindustry in Bandar Lampung was to produce the high quality product so it can compete with other powder coffee agroindustry, used experience of employee to face the competitor of powder coffee agroindustry, optimize employee performance so powder coffee that produced can compete with other. Keyword : powder coffee, performance, value added , developmental strategy