%A S a i n o 1013132004 %T PENGGUNAAN MODEL COOVERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VII C SMP NEGERI 2 MARGA SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapkan model pembelajaran Cooverative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII C SMP Negeri 2 Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan, Siklus I rata-rata ketunntasan belajar siswa 64% yang tuntas KKM, hingga siklus III 84% yang KKM > 72. Dengan demikian pembelajran Cooverativ learning tipe STAD dapat dikembangkan di setiap pembelajran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan penggunaan model pembelajaran Cooverative learning tipe STAD yang dilaksanakn dengan mengenalkan, melaksanakan pada siswa dan dengan dorongan dan bimbingan yang sabar maka menghasilkan pembelajan yang tidak membosankan bagi murid, dapat mendorong siswa berpikir dan mengeluarkan aspirasi serta berdialog dengan siswa lain, sehingga timbul kerja sama yang baik, saling membantu antar siswa dalam pemecahan masalah yang dihadapi. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints12478