%0 Thesis %9 Other %A 0513024021, DESMALINA SAGITA BARUSMAN %B FKIP %D 2011 %F eprints:12480 %I Universitas Lampung %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA %U http://digilib.unila.ac.id/12480/ %X Permasalahan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 13 Bandarlampung adalah masih mendominasinya guru di kelas. Hal ini mengakibatkan penguasaan konsep siswa masih rendah. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam penelitian ini diketahui dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga penguasaan konsep siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 87 Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan E yang dipilih dalam penelitian ini adalah desain pretest-postest nonequivalen group. Data yang dihasilkan dalam penelitan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari tes dan lembar observasi siswa. Analisis data menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS-17. 64 Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 50,74 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 32,05. Dari uji-t H 0 1 pada N-gain diketahui ditolak, artinya rata-rata N-gain berbeda secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji-t 2 juga menunjukkan bahwa H ditolak yang artinya rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat dinyatakan penguasaan konsep siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. 96