%0 Thesis %9 Other %A 0513024039, N A N I %B FKIP %D 2012 %F eprints:12483 %I Universitas Lampung %T PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN MIND MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI %U http://digilib.unila.ac.id/12483/ %X Proses pembelajaran yang terjadi di kelas IX SMP Negeri 8 Bandar Lampung adalah selama proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah. Hal tersebut menyebabkan penguasaan konsep siswa tergolong rendah, karena itu dibutuhkan pemilihan strategi mengajar yang mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Strategi mengajar yang diduga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa salah satunya adalah tehnik pencatatan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tehnik pencatatan mind map dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok bioteknologi. Penelitian ini menggunakan desain tes awal-tes akhir non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX IX C E sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol, dipilih dengan tehnik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif, yaitu data nilai tes awal, tes akhir dan N- gain; dan data kualitatif berupa data aktivitas siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis dengan uji t, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 47,06; lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 47,03. Rata-rata peningkatan indikator penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen adalah 3,16; lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan indikator penguasaan konsep siswa pada kelas kontrol yang hanya 3,04. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan I hingga pertemuan II pada setiap aspek yang diamati meliputi mengemukakan pendapat/ ide sebesar 15,3%, melakukan kegiatan diskusi sebesar 22,9%, menjawab pertanyaan sebesar 21,9%, dan mengajukan pertanyaan sebesar 31,5%. Dengan demikian, penggunaan tehnik pencatatan mind map dapat berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa materi pokok bioteknologi.