TY - UNPB ID - eprints12484 UR - http://digilib.unila.ac.id/12484/ A1 - 0543024001, ADHITIAN Y1 - 2012/11/14/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) terhadap penguasaan materi pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan oleh siswa SMA Swadhipa Natar, (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) terhadap aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan oleh siswa SMA Swadhipa Natar. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretest postest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA eksperimen dan kelas XI IPA 1 ii 2 sebagai kelas sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, rata-rata nilai postest, dan rata-rata nilai N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Adhitian Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 55,50 sedangkan pada kelas kontrol 43,83. Nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,50. Nilai rata- rata N-gain penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen sebesar 66,42% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28,64%. Pada hasil penelitian ini juga menilai aktivitas belajar siswa yang terdiri dari 5 aspek yaitu memprediksi, mengamati, menjelaskan, bekerja sama, dan membuat kesimpulan. Hasil dari kelima aspek tersebut memperoleh nilai yang berbeda-beda yakni aspek memprediksi pada kelas ekperimen memperoleh nilai 82,59% sedangkan pada kelas kontrol 54,44%, aspek mengamati pada kelas ekperimen 80,74% sedangkan pada kelas kontrol 61,48%, aspek menjelaskan pada kelas ekperimen 85,19% sedangkan pada kelas kontrol 60,74% , aspek bekerja sama pada kelas eksperimen 80,37% sedangkan pada kelas kontrol 57,78%, dan yang terkahir adalah aspek membuat kesimpulan pada kelas eksperimen 80% sedangkan pada kelas kontrol 64,08%. Jadi, pada kelas eksperimen aspek tertingginya adalah menjelaskan sebesar 85,19% dan aspek terendahnya adalah membuat kesimpulan sebesar 80%. Sedangkan pada kelas kontrol aspek tertingginya adalah membuat kesimpulan sebesar 64,08% dan aspek terendahnya adalah memprediksi sebesar 54,44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan sehingga model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) berpengaruh terhadap iii Adhitian penguasaan materi dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Kelas XI SMA Swadhipa Natar. PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Swadhipa Natar Semester Genap T. P 2011/2012) AV - restricted ER -