%0 Generic %A 0546051035 , Safitri Oktori Yuan %D 2012 %F eprints:12535 %T ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada PT Arista Mitra Lestari Cabang A. Yani Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/12535/ %X ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada PT Arista Mitra Lestari Cabang A. Yani Bandar Lampung) (SKRIPSI) Oleh: Safitri Oktori Yuan FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2012 ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada PT Arista Mitra Lestari Cabang A. Yani Bandar Lampung) Oleh: Safitri Oktori Yuan Skripsi Sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar SARJANA ADMINISTRASI BISNIS Pada Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2012 ABSTRAK ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada PT Arista Mitra Lestari Cabang A. Yani Bandar Lampung) Oleh: Safitri Oktori Yuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT Arista Mitra Lestari Cabang A. Yani. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk sepeda motor Yamaha pada PT Arista Mitra Lestari Cabang A. Yani selama tiga bulan terakhir tahun 2011 yang berjumlah 567 unit. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi dengan nilai Zscore 0,834 dan persepsi dengan nilai Zscore 0,753 merupakan faktor psikologis yang paling dominan karena menghasilkan data > 0,5 dan cenderung konstan. Faktor 1 yang terdiri dari kejujuran petugas, fasilitas lengkap, pemenuhan harapan, sumber pengetahuan, pembelian karena pengetahuan, dan pengaruh keluarga yang dikategorikan sebagai faktor sikap dengan nilai Zscore -0,328 dan konsep diri dengan nilai Zscore -0,321.Faktor 2 yang terdiri dari prosedur pembelian, kualitas merek, kecepatan pelayanan, letak strategis, manfaat produk Yamaha dapat digolongkan sebagai faktor persepsi dengan nilai Zscore 0,753.Faktor belajar tidak masuk kedalam faktor psikologis konsumen terhadap pembelian sepeda motor karena faktor tersebut tidak masuk dalam faktor yang dominan dan tidak berpengaruh terhadap pembelian sepeda motor karena memperoleh nilai Zscore -0,134. Kontribusi varian dari faktor produk adalah sebesar 50,397% dengan eigen value 2,062 dan faktor harga sebesar 28,262% dengan eigen value 1,084. Hal ini menunjukkan bahwa sangat pentingnya kualitas produk dan harga terhadap konsumen dalam memutuskan pembelian. Kata Kunci : Analisis Faktor, Keputusan Pembelian ABSTRACT CONSUMER PSYCHOLOGICAL ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING PURCHASE DECISION YAMAHA MOTORCYCLE (Study On Sustainable PT Mitra Lestari A. Yani Bandar Lampung) by:Safitri Oktori Yuan This study aims to determine the influence of psychological factors on consumer purchase decisions Yamaha motorcycle on Arista Partner PT Lestari Branch A. Yani. This study population are consumers who buy products Yamaha motorcycle on PT Arista Mitra Lestari A. Yani Bandar Lampung during the last three months of 2011, amounting to 567 units. Analysis tool used is factor analysis. The results showed that motivation with Zscore values 0.834 and 0.753 Zscore perception of value is the most dominant psychological factor because it produces data> 0.5 and tends to a constant. Factor 1 which consists of officers of honesty, full facilities, fulfillment of expectations, sources of knowledge, because knowledge of purchase, and family influences are categorized as a factor with a value Zscore -0.328 attitudes and self-concept and value of -0.321 Zscore. Factor 2, which consists of purchasing procedures , brand quality, speed of service, strategic location, the benefits of Yamaha products can be classified as perceptual factors with a value of 0.753 Zscore. factor does not enter into the study of psychological factors on the purchase of a motorcycle consumer because these factors are not included in the dominant factor and does not affect the purchase of bicycles motor because the gain value Zscore -0.134. Contributions variants of factor products amounted to 50.397% with eigen value 2.062 and the factor price of 28.262% with eigen value 1.084. This shows that the critical importance of product quality and prices to consumers in deciding on a purchase. Keywords: Factor Analysis, Purchasing Decision