TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints126 UR - http://digilib.unila.ac.id/126/ A1 - Wahono, IHSAN HAGIANTARAGA Y1 - 2013/12/23/ N2 - Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis dari SPSS 17 menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan iii tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yakni 70,63% lebih tinggi dibanding kelas kontrol yakni 59,95%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,60 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni dengan rata-rata N-gain 0,50. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), aktivitas belajar, hasil belajar siswa, dan Eksosistem PB - Fakultas KIP TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think Pair Share (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -