TY - UNPB ID - eprints12603 UR - http://digilib.unila.ac.id/12603/ A1 - 0743024002, ACHMAD FAUZI Y1 - 2013/09/17/ N2 - Hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 5 Natar terhadap siswa kelas VIII hasil belajar biologi pada materi pokok Sistem Pencernaan masih rendah, yaitu 57,0 di bawah standar ketuntasan belajar minimal di sekolah tersebut 68,0. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran disajikan dengan metode ceramah dan hanya menggunakan bahan ajar LKS. Sehingga perlu variasi bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu alternatif bahan ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah leaflet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test non equivalen, dengan menggunakan teknik sampling menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan data iii Achmad Fauzi kualitatif diperoleh data aktivitas dan data kemenarikan bahan ajar leaflet. Pengambilan data hasil belajar diperoleh dari pre-test dan post-test dengan analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar oleh siswa pada kelas yang menggunakan baha ajar leaflet dengan rata ? rata hasil belajar pada kegiatan pre-test adalah 53,53 meningkat menjadi rata-rata post-test adalah 75,42 denga N-gain sebesar 46,67. Peningkatan hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mengalami peningkatan dari pertemuan I rata-rata semua aspek sebesar 2,20 meningkat pada pertemuan II menjadi rata-rata 2,46 pada aktivitas kelas yang menggunakan bahan ajar leaflet. Dari data kemenarikan bahan ajar leaflet 100% siswa menyatakan setuju pada pernyataan leaflet. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN AV - restricted ER -