%0 Thesis %9 Other %A 0743024005, ANA SEPTIANA FATMAWATI %B FKIP %D 2013 %F eprints:12605 %I Universitas Lampung %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think Pair Share (TPS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP %U http://digilib.unila.ac.id/12605/ %X Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi biologi siswa pada materi pokok Pertumbuhan Perkembangan Makhluk Hidup. Penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes. Data kualitatif berupa data aktivitas dan angket tanggapan siswa terhadap kemenarikan model pembelajaran TPS. Data kuantitatif dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% melalui program SPSS 17. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Rata-rata Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model ii iii ANA SEPTIANA FATMAWATI pembelajaran TPS pada kelas eksperimen 1 lebih tinggi yaitu 71,5 dibandingkan dengan diskusi yaitu 62,2. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata antara nilai prites dan postes yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen I yaitu sebesar 68,72 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II sebesar 30,03. Aspek penguasaan materi yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek pengetahuan (C1) yaitu sebesar 70,56 sedangkan rata-rata aspek penguasaan materi terendah yaitu pada aspek pemahaman (C2) sebesar 35,16.