creators_name: 0743024029, I KOMANG SUTAWIJAYA type: thesis datestamp: 2015-09-07 04:15:48 lastmod: 2015-09-07 04:15:48 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK VIRUS OLEH SISWA ispublished: unpub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penguasaan materi pokok Virus oleh siswa kelas X SMA SWADHIPA Natar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih dominan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelas menyebabkan kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya pemamahaan siswa terhadap materi yang di ajarkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa adalah penggunaan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok Virus oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf iii I Komang Sutawijaya kepercayaan 95% melalui program SPSS 17. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Data penelitian ini diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan madia kartu bergambar dengan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan materi oleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (eksperimen = 79,41; kontrol = 70,20). Selain itu, rata-rata peningkatan penguasan materi semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 48,28; kontrol = 43,22). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 85,18; kontrol = 76,30). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar dengan model pembelajaran NHT berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok Virus oleh siswa. date: 2013-08-17 date_type: published institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: 0743024029, I KOMANG SUTAWIJAYA (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK VIRUS OLEH SISWA. Other thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/1/1.%20KOVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/3/3.%20KOVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/4/4.%20halaman%20persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/5/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/6/6.%20Riwayat%20Hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/7/7.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/8/8.%20MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/9/9.%20Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/10/10.bSANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/11/11DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/12/12.%20Daftar%20Tabel.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/13/13.%20Daftar%20Gambar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/14/Bab%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/15/bab%202.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/16/bab%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/17/bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/18/bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/12607/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf