%A 1113024022 Florentina Krida Wijayanti %T PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA SMP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Penyebab Terjadinya Pemanasan Global dan Dampaknya bagi Ekosistem) %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem di SMP Negeri 1 Pagelaran. Sampel dalam penelitian adalah siswa adalah kelas VII. 1 dan VII. 2 di SMP Negeri 1 Pagelaran yang ditentukan dengan teknik sampling yakni purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, posttest dan N-gain. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dan U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif dalam penelitian adalah keterampilan proses sains dan tanggapan berupa angket terhadap penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa yang dibuktikan dengan N-gain = 76,06 ? 17,07. Empat indikator KPS mengalami peningkatan berbeda secara signifikan yaitu pada indikator mengamati, menghipotesis, memprediksi dan mengkomunikasikan. Satu indikator KPS tidak berbeda secara signifikan yaitu indikator menginterpretasi. Pada aspek mengamati rata-rata N-gain 94,54 ? 0,25, menghipotesis 83,87 ? 0,24, menginterpretasi 50,00 ? 0,41, memprediksi 82,25 ? 0,33 dan mengkomunikasikan 76,80 ? 0,41. Berdasarkan observasi rata-rata keterampilan proses sains (KPS) siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 83,2% dengan kriteria tinggi. Selain itu, sebagian besar siswa (81,45%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains (KPS), LKS, pemanasan global. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12608