TY - UNPB ID - eprints12611 UR - http://digilib.unila.ac.id/12611/ A1 - 0743024038, NESIA PREMURDIA Y1 - 2013/09/10/ N2 - Keterampilan memecahkan masalah perlu dikembangkan di sekolah karena diharapkan siswa mampu menghadapi masalah kehidupan sehari-hari. Untuk itu ii Nesia Premurdia diperlukan alternatif model pembelajaran yang membuat siswa aktif memecahkan masalah yaitu model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan memecahkan masalah oleh siswa pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan pada siswa kelas X SMA N 1 Talang Padang dengan menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes (pretes iii Nesia Premurdia dan postes) dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t dengan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan memecahkan masalah oleh siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 61,67. Indikator keterampilan memecahkan masalah dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) yakni indikator identifikasi masalah, merumuskan masalah, dan alternatif solusi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), terutama aspek kemampuan mengemukakan pendapat/ide dan berdiskusi merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH OLEH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - restricted ER -