%A 1113024018 Fajar Lestari %T Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing terhadap Keterampilan Sains Siswa (KPS) siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 1 Pagelaran dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dan dari angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan U. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing mampu meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 78,41. Berdasarkan hasil observasi rata-rata keterampilan proses sains (KPS) siswa dalam aspek yang diamati yang meliputi mengamati, menghipotesis, menginterpretasi, memprediksi, dan mengkomunikasikan berkriteria ?tinggi? pada kelas eksperimen dengan rata-rata 79,16%. Selain itu, sebagian besar siswa (85,55%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Dengan demikian, penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci : LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains (KPS), Interaksi Makhluk Hidup %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12615