@misc{eprints12634, month = {Agustus}, title = {Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Merencanakan Pada Materi Hidrolisis Garam}, author = {1113023049 Pradiska Nawang Anggara}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12634/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan merencanakan siswa pada materi hidrolisis garam. Pendekatan saintifik ini terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control Group Design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data nilai pretes dan postes kemampuan merencanakan siswa. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata n-Gain kemampuan merencanakan siswa pada kelas kontrol sebesar 0,508 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,683. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t, diperoleh t hitung sebesar 4,68 sedangkan t tabel sebesar 1,67. Kesimpulan penelitan ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan merencanakan pada materi hidrolisis garam pada tahap mengamati dan mencoba. Kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan merencanakan, hidrolisis garam} }