%A M. ROBIDIN SYAH 0813024036 %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PROTISTA %X Berdasarkan observasi di SMA Al-Kautsar Bandarlampung, kemampuan berpikir kritis oleh siswa belum dikembangkan secara optimal. Alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis oleh siswa yaitu penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis oleh siswa. Penelitian merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretes postes non- equivalen. Sampel penelitian siswa kelas X 7 dan X 6 M. Robidin Syah yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes dan dianalisis secara statistik melalui uji t dengan program SPSS versi 17 taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi. Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. %D 2013 %I Universitas Lampung %L eprints12636