%A 1113041077 Yulia Kartikasari %T KELAYAKAN ISI DAN BAHASA PADA BUKU TEKS BUPENA BAHASA INDONESIA KELAS VII KARYA IMA ROHIMAH %X Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan isi dan bahasa pada buku teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan isi dan bahasa pada buku teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII yang diterbitkan oleh Erlangga dan difokuskan pada kelayakan isi dan bahasa buku teks. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran bahasa Indonesia ini telah memenuhi standar kelayakan isi dan kelayakan bahasa yang telah ditetapkan oleh BSNP. Buku teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII yang diterbitkan oleh Erlangga telah memenuhi standar dari kelayakan isi dan kelayakan bahasa yang ditetapkan oleh BSNP. Kelayakan isi memiliki beberapa indikator, yaitu (1) kesesuaian antara materi dengan kurikulum dan kompetensi dasar yang berlaku, (2) keakuratan materi yang ada di dalam buku, dan (3) materi pendukung yang ada. Begitu pula dengan kelayakan bahasa memiliki beberapa indikator, yaitu (1) komunikatif, (2) dialogis dan interaktif, (3) lugas, (4) keruntutan alur pikir, (5) koherensi, (6) kesesuaian dengan kaidah bahasa indonesia yang benar, dan (7) penggunaan istilah dan simbol atau lambang yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Jadi, buku teks terbitan Erlangga ini telah memenuhi standar atau indikator yang terdapat dalam kelayakan isi dan kelayakan bahasa yang ditetapkan oleh BSNP. Penelitian ini dapat dijadikan informasi kepada guru agar dapat menggunakan buku teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII terbitan Erlangga ini sebagai buku penunjang dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa diharapkan menggunakan buku Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII sebagai buku penunjang di sekolah atau di rumah untuk membantu pemahaman materi dan pencapaian nilai yang maksimal. Terakhir bagi penerbit dapat mengahsilkan buku teks yang lebih berkualitas yang memenuhi mutu standar kelayakan buku teks. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12655