TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints12657 UR - http://digilib.unila.ac.id/12657/ A1 - Lidia Widiarti, 1113021047 Y1 - 2015/08/19/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me-ngetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Negerikaton semester genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Negerikaton Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Kata Kunci : Efektivitas, Pemahaman Konsep, penemuan terbimbing PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Negerikaton Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015) AV - restricted ER -