%A 1113021047 Lidia Widiarti %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Negerikaton Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015) %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me-ngetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Negerikaton semester genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Negerikaton Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Kata Kunci : Efektivitas, Pemahaman Konsep, penemuan terbimbing %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12657