@misc{eprints12658, month = {Agustus}, title = {PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI LAMPUNG MENGGUNAKAN MODEL GERLACH DAN ELY DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {1113043020 Ferlita Rora Sumeta}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12658/}, abstract = {abstrak indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan model Gerlach dan Ely. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru tari SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan 27 siswa XI MIPA 1. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan non-tes. Model Gerlach dan Ely diterapkan pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung dari pertemuan pertama hingga akhir. Langkah-langkah penggunaan model Gerlach dan Ely, pertama merumuskan tujuan pembelajaran yakni tentang gerak dasar tari Lampung, kedua menentukan isi materi yakni : gerak Seluang mudik, lipetto, nginyau bias, ngerujung, tahtim dan khesek gantung, ketiga pengelompokan hasil belajar dari 27 siswa terbentuk 4 kelompok, keempat pelaksanaan materi, kelima evaluasi belajar yakni guru memberikan pendapat dan memberikan penilaian, keenam menganalisis umpan balik.Penilaian diberikan melalui dua aspek yaitu wiraga dan wirasa. Selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan menggunakan model Gerlach dan Ely menunjukan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian gerak dasar tari Lampung mendapat kriteria cukup dengan rata-rata nilai 65,1. Kata kunci : model Gerlach dan Ely, pembelajaran dan penilaian. abstrak inggris} }