@misc{eprints12659, month = {Agustus}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN-VAK (VISUAL-AUDITORY-KINESTETIK) DALAM PEMBELAJARAN TARI MELINTING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR}, author = {1113043012 Bambang Sutejo}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/12659/}, abstract = {abstrak indonesia Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan tari melinting pada kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur menggunakan pendekatan VAK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan VAK dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran tari melinting. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru SMP N 1 Sekampung Udik, 12 siswi perempuan dan ragam gerak tari melinting. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Visual, auditori, kinestetik merupakan jenis pendekatan pembelajaran yang melibatkan gerakan fisik dan aktivitas siswa dengan menggunakan semua indera yang dimilikinya sehingga membantu melatih pola pikir siswa dalam pemahaman konsep dengan kritis, logis, cepat, dan tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan VAK pada pembelajaran tari melinting. Penerapan VAK melalui tiga aspek yaitu visual, guru memberikan contoh gerak tari melinting dan menunjukkan video tari melinting. Aspek auditori guru memberikan hitungan dan musik tari melinting. Aspek kinestetik guru memberikan teknik gerak dan urutan ragam gerak tari melinting. Hasil penilaian penelitian ini menggunakan 2 kategori. pertama penilaian empat aspek yaitu wiraga, wirama, wirasa dan hafalan yang mendapat kriteria cukup dengan nilai 69,58. Kedua, penilaian aktivitas belajar siswa menggunakan pendekatan VAK yang mendapat kriteria cukup dengan rata-rata nilai 73,33. Kata kunci: pendekatan VAK, pembelajaran tari melinting abstrak inggris} }