TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints12662 UR - http://digilib.unila.ac.id/12662/ A1 - MEI TRIANI, 1113024042 Y1 - 2015/08/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas X 3 dan X 7 SMA Negeri 1 Seputih Banyak yang ditentukan secara acak yakni dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data hasil observasi keterampilan generik sains (KGS) siswa dan data angket tanggapan terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains (KGS) siswa yang dibuktikan dengan data hasil belajar kognitif siswa, hasil pretes dan postes memperoleh nilai rata-rata N-gain = 66,70 ± 17,59. Sedangkan untuk KGS memperoleh nilai rata-rata N-gain = 67,83 ± 16,16. Masing-masing indikator hasil belajar kognitif yaitu C2,C3, dan C4 mengalami peningkatan secara signifikan. Pada masing-masing indikator keterampilan generik sains (KGS) juga mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator meningkat dengan berbeda secara signifikan. Indikator KGS yang meningkat secara signifikan yaitu pada indikator pengamatan langsung, bahasa simbolik, dan membangun konsep, sedangkan hukum sebab akibat mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan hasil angket tanggapan, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan generik sains (KGS) siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Ekosistem, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Generik Sains, Ranah Kognitif PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNTIF DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA (Studi Eksperimen Semu pada materi Ekosistem Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Seputih Banyak Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -