%A 1113024027 INDAH SURYA PERTIWI %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain pretestpostest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari dari rata-rata pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji u. data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata Indah Surya Pertiwi N-gain dari pretest dan postest kelas eksperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol (eksperimen = 62,80; kontrol = 27,49). Rata-rata peningkatan pada aspek memberikan penjelasan dasar adalah 68,92, membangun keterampilan dasar 44,37, membuat penjelasan lebih lanjut 66,58, dan menyimpulkan 63,42. Peningkatan ini didukung dengan aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Discovery Learning, kemampuan berpikir. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints12663